Rabu, 18 Agustus 2010

Enaknya “Online di rumah”




Kebutuhan informasi pada zaman sekarang tidak kalah penting dengan kebutuhan makan, minum, pakaian dan pendidikan. Bahkan bisa dikatakan dalam bahasa politik “…siapa yang menguasai informasi dialah yang akan berkuasa…”. Entah benar atau tidak dari segi pandangan masyarakat umum, namun penulis di sini meyakini hal itu.

Penulis mengenal internet kira-kira tahun 1996. Saat itu yang diketahui hanyalah baca informasi-informasi. Belum tahu apa itu chating, download, upload dll. Penulis sendiri mengenal komputer juga waktu belajar di SMEA Negeri 1 …… itupun pada saat kelas II maklum utk tahun 1994 sekolah yang mengajarkan pelajaran “komputer”  di kotaku baru beberapa saja. Pelajaran itupun dirasa kurang karena hanya diberikan dasar-dasarnya saja seperti WS7, Lotus, dBase (maaf .. mungkin di sekolahan sekarang sudah tidak dikenal lagi). Guna mengasah ketrampilan komputer penulis yang di sekolah termasuk pengurus Dewan Ambalan dan OSIS harus punya pekerjaan di luar jam sekolah yaitu segala “thethek bengek” kegiatan kesekretariatan yaitu buat proposal, surat-surat ke Muspida dan Muspika. Saat itu kemampuan ngetik manual sudah tidak diragukan lagi bahkan sudah sampai ke tingkat 10 jari membuta (tanpa melihat tuts / keboardnya tik manual). Penulis dan beberapa teman yang karena bisa mengambil hati para guru dan TU  akhirnya bisa memanfaatkan komputer yang ada untuk kegiatan tersebut. Setahun kemudian pada ruang guru sudah diinstallkan windows. Kami pun berkesempatan mengenal sedikit tentang aplikasi tadi meskipun dalam kurikulum belum diajarkan.

Lambat laun akhirnya tahu apa itu download, upload, chating, blog, YM dll.

Di rumah sudah online speedy, itupun rejeki tidak terduga karena tetanggaku ambil paket speedy dan dishare untuk 4 rumah jadi iurannya dibagi 4 rata. Enak to mantap to. Sehingga sekarang online-online. Kalau istriku lagi seneng-senengnya facebook karena sudah 8 tahunan kehilangan lacak teman-temannya di jurusan Desain Tekstil Fakultas Sastra UNS. Sedang saya sendiri suka baca berita sepakbola, facebook, multiply, blogger, flickr, picasa dll. Banyak kemudahan dan informasi yang didapat dari internet sepanjang masih pekerjaan rutin yang lain tidak terbengkalai. Semula saya memasang kabel utp ke rumah tentangga untuk online tp karena berurusan dengan si ti”KUS” yang mungkin pengin berinternet juga kabel sering dimakannya, sehingga segera saja aku pasang wifi TP link WN7200 sehingga komputerku punya dua jalur untuk online.
Berinternet jaman sekarang pun sudah bukan monopoli warnet karena di rumah pun sangat mudah untuk memperolehnya. HP Smart dan Ceria bisa digunakan sebagai modem. Bagi para orang tua mari kita jangan menyerah dan pasrah dengan nasib sebagai gaptek (gagap teknologi). Tujuannya tidak lain dan tidak bukan tentunya agar kita dapat mendampingi putra putri kita yang sudah fasih komputer dan internet agar tidak terjerumus ke hal hal yang negatif.

0 komentar:

Posting Komentar